PERSAUDARAAN “ SETIA-HATI “ WINONGO TUNAS MUDA

.

Persaudaraan “ SETIA-HATI “ disingkat S-H didirikan pada tahun 1903 oleh almarhum Bapak Ki NGABEHI SOERODWIRJO dengan nama kecilnya MASDAN. Wafat pada tanggal 10 November 1944, dimakamkan di makam desa Winongo, Kota madya Madiun. Ibu SOERODWIRJO ( Ibu Sarijati ) wafat pada tanggal 6 April 1969 dimakamkan di desa Winongo juga.

Tujuan / sasaran“ S-H “ yang ditempuh adalah : Bela Negara, mengolah raga dan batin untuk mencapai keluhuran budi guna mendapatkan kesempurnaan hidup,kebahagiaan dan kesejahteraan lahir dan bathin di dunia dan di akhirat,dengan jalan mengajarkan SILAT ( PENCAK SILAT ) sebagai olah raga atas dasar jiwa yang sehat terdapat pada tubuh yang sehat pula,yaitu dengan meninggalkan semua yang menjadi larangan-larangan tuhan,dan melaksanakan semua perintah-perintahnya ( MENS SANA IN CORPORE SANO-AMAR MA’RUF NAHI MUNKAR ).

Jelaslah bahwa ajaran ini adalah ajaran mulia,edi peni dan adi luhung.Oleh karena itu tidak mengherankan bagi kita bahwa segala bangsa dan semua agama dapat menerimanya, khususnya bangsa Indonesia.

Sejak tahun 1964, “ S-H “ mengalami kemunduran, tidak begitu aktif, hal ini disebabkan tidak lain karena keadaan juga, sebagian besar Saudara – saudara “ S-H “ sudah banyak yang lanjut usia ( tua ), ditambah dengan makin berkurangnya penerimaan Saudara baru. Banyak saudara “ S-H “ yang sudah sepuh satu per satu meninggal dunia, sedangkan yang masuk menjadi saudara “ S-H “, dapat dikatakan hampir tidak ada. Kalau keadaan yang demikian dibiarkan terus – menerus maka “ S-H “ lambat laun akan mengalami kepunahan.

Untuk menghindari hal tersebut serta untuk melestarikan ajaran yang edi – peni dan adi – luhung, maka pada tanggal 15 Oktober 1965, Kami ( Soewarno ) merasa terpanggil untuk bergerak ( mengaktifieer ) kegiatan – kegiatan “S-H “. Dengan serentak gerakan ini mendapat perhatian yang besar dari para pemuda dan dukungan yang kuat dari masyarakat, yang akhirnya berdaya guna untuk membantu HANKAM, serta ikut Memayu Hayuning Bawono ( memelihara dan membangun keselamatn Negara / Dunia ), membantu Negara / Pemerintah dalam bidang ketertiban dan keamanan.

Dengan meningkatkan latihan jasmani ( pencak-silat ) dan latiahn rokhani (iman dan taqwa kepada Tuhan), maka dapat diharapkan para pemuda kita sebagai generasi penerus akan menjadi kader bangsa yang militant yang sangat berguna bagi kepentingan Negara dan bangsa.

Latihan berarti juga membiasakan, kebiasaan inilah dapat disebut sebagai takdir yang kedua ( het gewoonte is de tweed natuur ). Kalau kita membiasakan baik, Tuhan akan menakdirkan kita baik. Memang segala permulaan itu adalah sukar ( alle begin is moeilijk ) terutama jalan yang menuju kepada kebaikan – kebaikan Syurga tentu banyak sekali rintangan – rintanganya, sebaliknya jalan yang menuju kepada kejahatan, kaemaksiatan, Neraka selalu terhias dengan bunga – bungaan yang serba indah dan harum ( de weg naar de hell is met bloemen geplafeit ). Oleh karena itu harus ditanamkan juga kepada para pemuda kita yaitu cinta kasih dan kasih saying. Sesama manusia harus dicintai sebagaimana mencintai pada diri sendiri ( heb uw naasten lief gelijik u zelven ) atau falsafah agama Hindu yang mengajarkan kesosialan yang tanpa batas yang berbunyi : TAT TWAM ASI ( ia adalah kamu ). Kalau di cubit merasa sakit jangan mencubit orang lain atau dalam bahasa jawanya adalah : KEMBANG TEPUS KAKI (yen dijiwit kroso loro ojo njiwit liyan ).

Bagi Tuhan semua manusia itu sama, yang berlainan hanya taqwanya kepada Tuhan dan yang lebih taqwa itulah yang akan banyak mendapat keridhaan Tuhan.

Ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa wajib direalisasikan dengan amalyah, ibadah dan karya nyata dalam pembangunan. Membangun manusia Indonesia seutuhnya berdasarkan Pancasila dan Undang – Undang Dasar 1945. Maka wajib bagi setiap manusia Pancasilais yang membangun Indonesia ini meresapi, menghayati dan mengamalkan ketaqwaan dalam arti yang sebenarnya. Dalam perkembangan dunia ini. Tuhan senantiasa menjadikan waktu – waktu pada saat – saat yang bersejarah sejak zaman purba sampai akhir zaman. Sejarah itu merupakan guru dan suri tauladan bagi orang yang suka mengambil pelajaran dari padanya.

Kita ini khususnya para generasi muda sebagai generasi penerus harus pandai mangambil hikmah dari peristiwa bersejarah untuk dijadikan suri tauladan dalam berbuat dan bertindak.

Kepada para Tunas Muda “ S-H “, diajarkan pelajaran Pencak Silat yang berasal dari para pendekar terkenal ( sembilan orang pendekar ) dan yang terakhir dari Bapak Ki Ngabehi Soerodwirjo, Saudara Tertua dalam Persaudaraan “ SETIA – HATI “ Winongo (sebagaimana yang telah terurai pada Lampiran – Lampiran diatas).

Dengan metode yang demikian ini, maka seluruh pelajaran dengan mudah diserap oleh para Tunas – Tunas Muda Kita yang dapat berhasil dengan sukses.

Kita selalu berpedoman :

A. A sense of purpose and direction ( rasa tujuan dan tanggung jawab seorang Pemimpin yang mempunyai cita – cita )

B. Integriteit ( rasa setia Saudara )

Salah satu ikatan yang penting yang menghubungkan seorang Pemimpin dengan pengikut – pengikutnya ialah “ Rasa Percaya “.

Para pengikut seorang Pemimpin ingin mendapat keyakinan bahwa kepentingan mereka selalu dipikirkan dan diperjuangkan. Para pengikut ingin diyakinkan bahwa kata –kata yang diucapkan oleh Pemimpinnya dapat dipercaya dan bahwa mereka tidak usah takut akan ditinggal atau dikhianati dalam waktu menghadapi kesulitan – kesulitan. Dengan demikian antara yang dipikirkan dan apa yang dilakukan oleh Pemimpin haruslah ada Harmoni dan Kesatuan.

“ The greate man does not think before hand of his words that they may be greate. Not of his actions that they may be resolute, he simply speaks and does what is right “

Kita selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, bahwa segala sesuatu yang digariskan oleh Pemerintah selalu dapat kita kerjakan / laksanakan dengan sukses.

45 komentar:

Azoreano Náufrago mengatakan...

Fixe!

Heri S mengatakan...

EKS
Puji syukur Alhamdullillaah atas tersedianya salah satu wadah untuk mempererat rasa persaudaraan bagi segenap saudara khususnya Persaudaraan " SETIA - HATI " WINONGO TUNAS MUDA di situs ini. Semoga dapat menambah wawasan bagi kita semuanya. Amiin.
EKS

Tony mengatakan...

Assalamualaikum,
EKS (salam satu jiwa)

Alhamdulillah sekarang sudah ada jalur untuk silaturahmi dengan saudara-saudara ku. Mohon infonya tentang cabang yang ada di Malang saya ingin silaturahmi pada temen-temen yang ada di Malang, mohon dibantu. Trimakasih

dyondra mengatakan...

EKS
Turut berduka cita atas meninggalnya Bapak Djimat Hendro Suwarno (Ebes). Semoga arwah beliau direima di sisin-Nya. Amien

Yoyok S mengatakan...

EKS.Turut berduka cita atas meninggalnya Bapak kita,pengasuh kita, Djimat Hendro Suwarno (Ebes). Semoga arwah beliau diterima di sisin-Nya. dan untuk keluarga yang ditinggalkan semoga tabah dan dilapangkan hatinya...
Amien.....

andre mengatakan...

"salam persaudaraan" kami atas nama keluarga besar PSHT Cab. Palembang mengucapkan bela sungkawa atas meninggalnya bpk.soewarno.semoga amal ibadahnya diterima oleh ALLAH SWT,AMIN (Salam dari pendekar2 PSHT ranah sumatera)

Ian (Januar) mengatakan...

Assalamualaikum Wr.Wb

EKS

"Salam persaudaraan",tak lupa saya ucapkan turut berduka cita atas kepergiaan bapak kita,pengasuh kita,
Raden Djimat Hendro Suwarno.
semoga arwah beliau dapat di terima disisi-Nya,dan untuk keluarga yang di tinggalkan semoga tabah dan i lapangkan hatinya...

Jujur walaupun saya belum pernah bertemu dengan beliau di karenakan saya baru begabung di Persaudaraan Setia Hati Tunas Muda Winongo ini beberapa bulan yang lalu.saya akan selalu mendoakan beliau.
Amien...

cukup sekian,yang bisa saya sampaikan.

Wassalamualaikum Wr.Wb.


EKS

By:Ian Di Bekasi lebih tepatnya lagi daerah Cibitung.

badut mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
nanang mengatakan...

EKS
turut berduka cita atas meninggal nya bapak kita Djimat Hendro Suwarno maaf saya baru tau sekarang klo bapak sudah meninggal saya kaget sekali dengar berita ini saya baru tau dari wabsite ini saya memang anak madiun tp sudah 3 tahun saya merantau di kalimantan maaf karena saya tdk bisa nyekar di makam bapak insya alloh klo saya sudah pulang kampung saya nyekar di makam bapak.dgn ada nya website ini saya bisa sering2 melihat informasi dari Pusat SH winongo assalam mualaikum
EKS

Egha mengatakan...

EKS
salam buat semua saudara - saudaraku di seluruh tumpah darah indobesia....
jaya MATAHARIKU, JAYALAH STK KU........

joni mengatakan...

wong SH iku selalu mawas diri , menyadari proses "SAAT INI" dan "DISINI" dadi iso ngerti empan lan papan. salam persaudaraan setia hati terate.

ichwan mengatakan...

EKS

Saya sangat senag dengan situs S-H WINONGO,kita walaupun jauh bisa guyub rukun dan samat sinamatan

UNTUKMU SAUDARAKU JUGA BAGI KITA GENERASI MADYA,MARI GULUNG BAJU UNTUK MAJU,TINGGIKAN SYAR S-H NAN JAYA

STK......!!!!!

Mbah_Mamat mengatakan...

Salam Persaudaraan dari S-H Ranting Blawi Lamongan.....

REDJO MULYO mengatakan...

siapa pengganti pak warno..? kenapa tidak seperti setia hati lainnya lambang STK ndak menunjukkan gambar hati(waru) kan setia hati menonjolkan hatinya..? sebelumnya maaf saudara...

djoni mengatakan...

EKS,
Saya yakin saudara bukan WARGA SHWTM. Terimakasih atas perhatian saudara terhadap Setia Hati Winongo Tunas Muda.
Adabya pergantian dan simbool ada prosedurnya. Dan itu adalah masalah intern yang tidak perlu diumumkan.
EKS.

REDJO MULYO mengatakan...

Oooo gitu tho mas djoni.. makasih komentar yang bukan jawaban. saya orang awam yang ingin tau aja...

nurmukholis mengatakan...

Salam EKS saking dulur nganjuk sakniki wonten teng jakarta.....yen enten dulur2 teng jakarta ayo rek kumpul2

agus mengatakan...

EKS Salam buat sedulur smua dimana aja berada.khususnya sedulur di belotan smoga damai sll.Amien.....EKS

RH.igusti ketut hartanto harjo soetopo mengatakan...

asalamuallaikum

salam persaudaraan.sebelumnya saya minta maaf jika ada salah kata..
untuk mengungkap rasa penasaran saya
adabeberapahal yangingin saya tanyakan terkait dg persaudaraan sh tunasmuda.
antara lain;
@.apakah SHTM masuk dalamIPSI,Dan selalu ikut dalam kegiatan IPSI.?
@.SH apakah yg sebenarnya penerus Padepokan EANG SURO.?
@.apakah benar isu bawasanya Pendiri SHTM tidakberani sambung dulur dg Pendiri SHT.?
TERIMAKASIH

AE 1903 STK mengatakan...

maaf yaa..?? Ilmu SH Bukan untuk dipertontonkan/dipamerkan tetapi untuk dipelajari, dimengerti maknanya dan diamalkan.

Sexxy Puzzy Cat mengatakan...

Salam Peace Love Unity and Respect (PLUR) For All...
Please visit here...

>> http://www.soplur.blogspot.com
Thank....

cipingping mengatakan...

RH@...sblm mnjwab q mau tnya dulu,,,
1..U DPT INFORMASI ITU DR MANA?
2..yang u tanya trsebut siapa/dr organisasi apa?

jwban q
@..pshw msk ipsi??? PSHW masuk IPSI,,tp jarang ikut kegiatan ipsi khususnya kejuaran pencaksilat,,krn selalu diintimidasi,dicurangi,diteror.,krn kebanyakan panitia+wasit dr PSHT,,shngga kami pst kalah,,klh krna didiskualifikasi dg berbagai alasan yg mnjatuhkan PSHW
@..SH penerus eyang,? semua SH mengaku penerus eyang,,PSHW pun jg,,tp PSHW dlm perkembnganya sdh ditambai dg ajaranya KH. AHMAD DAHLAN,,salah seorang guru dari pendiri PSHW,
@..takut sambung dg PSHT? hmmmmm klo saudara tanyanya sama orang PSHT/orang yg g suka sama PSHW,,pst jwbanya y gitu.itu tergantung orang yg ditanya,,semua orang tau khususnya saudara tua SH (semua SH)bahwa dulu pernah trjadi kres,,tp akirnya ( SEMUA TRJADI KRN ATAS KEHENDAK TUHAN YG MAHA ESA).ketika itu pendiri PSHW difitnah pnya ilmu hitamlah,komonislah,,tp semua itu beliau sikapi dg hati sabar,pasrah ( NGALAH NGALEH NGABEKTI )dan akhirnya BECIK KETITIK OLO KETORO..

sblmnya mohon maaf krn crita ini mengungkit2 masa lalu,,mngkin ada salahnya saya mohon maaf,,,,

erick mengatakan...

EKS..untuk smua sedulur sh diseluruh dunia....
salam kenal...
saya erik anak madiun asli,skrng krj dsamarinda.untuk sedulur SH WINONGO yg ada dsmrinda,bisa nggak saya minta nmrny,trmksh bnyk.....

Indriawan mengatakan...

siiipppppp

Indriawan mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Moch mengatakan...

Salam Sejahtera,
Mohon petunjuk,
1. Apakah Jurus2 SH Tunas Muda Winongo ini sama dengan jurus2 SH Panti ?
2. Apakah Jurus2 SH Tunas Muda ini sama dengan Jurus2 Lama - SH Terate.
3. Jika posisi saya ada di Tangerang, dimana saya berlatih dan kecer.
Terima kasih atas, perhatiannya. Mohon balasan secepatnya.

rio mengatakan...

EKS...

Salam sejahtera bagi semua keluarga STK di seluruh indonesia..

EKS...

SHT sejati mengatakan...

salam persaudaraan songko PSHT cab palembang ...........
salam sedulur ??

YULIE mengatakan...

mas saya warga SH WINONGO ASLI MADIUN, sekarang tinggal di KOTABARU KALIMANTAN SELATAN, tolong kasih info untuk sedulur sedur kalo ada saya mau silaturohmi.

Raden panah mengatakan...

EKS

lur ini saya kopy diblog saya . mohon izin . .www.radenpanah.blogspot.com

komunitas koplak mengatakan...

assalamualaikum

aryl mengatakan...

Ass..wb..
EKS....
Mas Bayoe situs shwinongo kenapa tidak aktif lagi?

aura mengatakan...

nderek langkung maz bro.
sub mojo seven city.
iki jek eneng wong melek ra?

dianpratama mengatakan...

assalamualaikum wr wb
mas, saya memiliki minat besar dari dulu mengenai PSHW ini, tapi melihat bentrokan yang ada di madiun kok jadinya ngeri ya. bukan hanya pada jurus pencak, tetapi lebih pada filosofi yang ada di PSHW yang membuat saya tertarik untuk bergabung, dengan pertimbangan usia perguruan yang cukup tua yang mungkin masih memiliki beberapa pemikiran dari eyang Suro sendiri. apa mungkin mas kalau saya nyuwun guru dari sesepuh PSHW secara privat begitu? karena saya mungkin tidak begitu cocok dengan pemuda-pemuda pencak yang lain yang masih hobi grudak-gruduk...

jons ae mengatakan...

askum salam EKS q wong magetan tp lg dinas di cikeas bogor _ dimn mn SHT biangnya RUSUH ANARKIS KROYOKAN PEMERKOSAAN MINUMAN KERAS mn jiwa teratemu _TRD(turuk dus)

Bendoelz mengatakan...

Dian pratama@bisa az mas di pshtmw masuknya harus di kecer dlu sebagai ijazah.layaknya santri yg mendapat ijazah ilmu dlu baru mengamalkan.mz langsun az minta tolong pada penanggung jawab di mana mas nanti ingin masuk pshtmw.mungkin bisa membantu

h mengatakan...

Saya pendatang dimadiun belum ada setahun, mau mencari tempat latihan Stk tapi saya gak tau.

kalau ada info tolong bantu dan hubungi saya di http://pusatwalet.blogspot.com

IPUNK TRENGGALEK ALL mengatakan...

bisa minta logo winongo yang detail mas ukurannya kalo bisa dikirim ke ipunk.nasa@gmail.com(an.WEKO NUGROHO cabang Trenggalek)

Lilik Martadi mengatakan...

Tuk Semua saudara SHW, tlg kasih tahu alamat AHW di Sragen. trims

Lilik Martadi mengatakan...

EKS...
Tuk Semua Kadang SHW, tlg kasih tau alamat ranting SHW di sragen dan sekitarnya, trims

tahupongkhasmadiun mengatakan...

Assallammu'alaikum dulur
EKS...Salam kenal dari kami saudara yg jauh di penghujung Jatim...Joko

kisah dirantau mengatakan...

ASSALAMUALAIKUM
SALAM EKS,,,SEMOGA KITA SELALU DILINDUNGI OLEH ALLAH SWT
KITA ADALAH ORANG YANG BERBEDA DARI PENDAPAT DAN KEHIDUPAN.
TAPI JANGAN PERNAH LUPAKAN SEJARAH KITA...KARENA ITULAH YANG MEMBUAT KITA BERSATU MENJADI LEBIH KUAT...AMIN

EKS...JAKARTA SELATAN

aryl mengatakan...

Eks..salam persaudaran buat saudara d rantau

Sanggar Rias Mbak Eli mengatakan...

Berkunjung...

aryl mengatakan...

EKS.....SELAMAT MEMPERINGATI SUROAN SEMOGA SEMAKIN TINGGI RASA PERSAUDARAAN DAN SLALU AMAR MAKRUF NAHI MUNGKAR